Muhammad s.a.w. Pemuda Kuat dan Giat

Seusai perang “Fijjar” dan setelah terbentuk persekutuan Fudhul. Kehidupan Muhammad s.a.w. menjelang tahap ketiga dari usianya. Tahap ini dan tahap sebelumnya adalah masa muda yang hangat, masa kematangan naluri dan masa yang penuh dengan harapan tinggi. Ketika itu beliau adalah pria yang bertubuh kuat, bertekad baja dan bermartabat tinggi. Daya kehidupannya yang sangat menonjol itu disaksikan oleh sahabatnya Abu Hurairah. Abu Hurairah berkata :

“Saya belum pernah melihat seorang pria yang lebih baik dari Rasul Allah saw., wajahnya tampak seolah-olah bagai matahari, dan saya belum pernah melihat orang berjalan secepat Rasulullah s.a.w., seolah-olah tanah yang diinjaknya tergulung-gulung. Di saat kami berjalan bersama beliau, kami merasa payah, sedangkan beliau tampak santai saja.”(At Tirmidzi (IV/206)).

Waktu itu  Muhammad s.a.w. berusia sekitar 40 tahun. Seorang pria seperti beliau sangat dikehendaki dunia, walaupun beliau seandainya tidak menghendakinya. Walaupun begitu beliau samasekali tidak terpengaruh oleh rongrongan syahwat, atau gejolak naluri yang buruk, atau terperdaya oleh kenekatan memperoleh kedudukan tinggi atau harta kekayaan. Bahkan sebaliknya ketika itu beliau terkenal sangat baik di seluruh Mekkah, berbeda dengan pemuda lainnya, beliau mempunyai air muka yang cerah, perilaku mulia, akal pikiran yang cerdas, logika yang tepat dan terpercaya dalam segala hal.

Pada masa itu naluri kelelakian Muhammad s.a.w. berada di titik puncaknya, namun kekuatan rohani dan kejernihan jiwanya dapat menjadikan nalurinya sebagai kekuatan yang menambah keluhuran budi pekertinya, menambah ketinggian akhlaknya dan menambah kesanggupannya menerima nasib yang telah menjadi suratan takdirnya. Selain itu beliau juga berhasil melepaskan diri dari kebiasaan buruk yang melanda umat saat itu. Kehidupan yang tamak terhadap dunia serta pemujaan terhadap berhala menjadi wabah penyakit Di Mekkah. Beliau menghindari kehidupan seperti itu dan memilih hidup di alam pegunungan dan didalam udara bebas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s