Al Qur’an adalah Obat bagi yang Sedang Sakit

Assalamu’alaikum wr. wb.
Segala puja dan puji hanya milik Allah Azza wa Jalla Sang Maha Pengasih dan Penyayang, Maha Penyembuh dan Maha mengabulkan doa hamba-NYA. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad salallahu alaihi wasallam , sang penutup para nabi. Yang dengan perantaraan keberadaan beliau alhamdulillah ajaran Islam bisa kita nikmati sampai sekarang ini.

Bisa kita bayangkan seandainya kita tidak bisa menikmati ajaran Islam,  Di kala kesulitan menerpa, entah itu sakit, kesulitan uang, atau kesulitan apapun,  kita merasa sendiri tanpa kehadiran Allah. Kita tidak berdoa sesuai ajaran nabi Muhammad, alangkah malangnya diri kita.Atau dikala kita diuji dengan dunia, kita larut dengan kenikmatan yang menyesatkan, mengabaikan shalat, lupa mengingat Allah naudzubillahi minzalik…
Oleh karena itu bagi kita yang sedang menderita sakit, atau ketika keluarga kita yang sedang sakit maka bersyukur-lah saat ini kita masih bisa merasakan nikmatnya Islam. Barangkali saat sakit inilah kita menjadi sadar, Betapa jauhnya kita sudah menyimpang dari jalan Allah. Kita sudah mengabaikan keberadaan Allah. Seakan-akan Allah tidak ada, seakan-akan Allah tidak berbuat apa-apa. Padahal darah kita mengalir, jantung kita berdegup setiap saat tanpa kita sadari. Itu adalah bagian dari nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Maka Alhamdulillah, Allah telah menyadarkan kita kali ini..

Sudah saatnya kita kembali kepada Al Qur’an, kalau tidak sekarang kapan lagi..

Dalam surah Al Isra ayat 82 Allah berfirman yang artinya :
” Dan Kami turunkan dari Al Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. ” (Al Israa : 82).

Pembaca budiman.., dari petunjuk ayat diatas maka Al Qur’an  adalah penawar / obat yang diberikan Allah kepada orang-orang yang beriman. Jangan sampai kita menyia-nyiakannya. Meskipun kita sudah berobat ke dokter spesialis, atau tabib ternama sekalipun, sebaiknya kita tetap membaca Al Qur’an, karena Al Qur’an adalah obat yang di tawarkan Sang Pemberi Kesembuhan kepada orang-orang yang beriman. Siapa yang akan kita percaya lagi seandainya kita tidak mempercayai firman dari Allah Dzat Yang Memberikan Kesembuhan?

Firman Allah :
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar QS. Al baqarah :155

Yang terpenting lagi adalah kesabaran dan doa. seandainya penyakit tak kunjung sembuh maka kesabaran akan lebih membawa kepada ketenangan, sehingga memudahkan kepada kesembuhan. Terus bersemangat berikhtiar, makanlah makanan yang baik dan halal (Islam memberikan petunjuk tentang makanan yang menyembuhkan). Dan terus berdoa.

Allah SWT berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina,” (QS. Al-Mu’min: 60).

Rasulullah SAW bersabda, “Tiada seorang berdoa kepada Allah dengan suatu doa, kecuali dikabulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa,” (HR. Ath-Thabrani).

Hendaknya kita  tidak terburu-buru dalam berdoa. Janganlah mengucapkan, “Aku sudah berdoa dan berdoa berkali-kali, tetapi belum dikabulkan juga oleh Allah.”

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Dikabulkan doa salah seorang di antara kalian, selama tidak terburu-buru. Dia berkata: aku sudah berdoa, tetapi belum juga dikabulkan,” (HR. Muslim).
Kepada yang sedang diberi ujian berupa sakit mudah-mudahan cepat diberi kesembuhan.
wassalamu’alaikum…

Menyambut Bulan Ramadhan

Pengobatan Islam

Doa untuk orang sakit

Kesaksian Al Qur’an obat

fatwa ulama bacaan ruqyah untuk orang sakit

al-quran-terjemah-al-bashir-A6-copy-50

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s