Maskoki

ranchu3     ranchu1    ranchu2

Ikan Maskoki termasuk salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling popular. Ikan yang pernah menjadi tren di tahun 1980-an ini bentuk dan tingkahnya sangat menggemaskan. Bentuk badannya dan tingkahnya lucu. Pendek, gempal, gendut dan bulat. Bentuk sirip dan ekor bervariasi, kebanyakan dengan rumbai yang eksotis. Warna sisik cerah , corak warna bervariasi ada yang merah solid, hitam solid, putih solid ataupun  kombinasi.  Gerak berenangnya lamban dan berlenggak lenggok sehingga terkesan centil dan genit. Strain-nya sangat banyak, masing masing memiliki keunikan tersendiri. Antara lain Ranchu, ryukin, Mutiara, Mata Balon, Tosa, Bulldog, Oranda, Lion Head dsb.

Saat yang paling menyenangkan adalah ketika masa birahi ikan maskoki. Maskoki termasuk jenis ikan yang mudah kawin. Kalau sudah menemukan pasangan indukan yang cocok, ikan Maskoki bisa melakukan perkawinan dua kali dalam seminggu. Dengan perbandingan Jantan : betina = 2:1, 3:1 atau 4:1 akan memberi harapan terjadi pembuahan yang lebih sempurna. Karena induk betina sekali kawin bisa mengeluarkan ribuan telur.

Untuk mempersiapkan tempat perkawinan, paling ideal dilakukan di kolam atau bak. Tetapi tidak menutup kemungkinan menggunakan ember atau akuarium. Asal tempatnya sejuk dan tenang dan dengan pengaturan udara yang baik. Media air tidak perlu terlalu tinggi, cukup dengan ketinggian sekitar 25 – 30 cm saja. Bisa dimasukkan  media seperti  ganggang air (yang sudah disterilisasi dengan metyln blue dengan air hangat) sebagai tempat menempelnya telur-telur. Sekarang media sudah siap.

Supaya lebih puas, kita bisa memilih indukan yang paling baik, dengan harapan memperoleh hasil yang baik pula. Umur indukan sekitar delapan bulan sudah mencapai kematangan kelamin untuk bereproduksi. Ada baiknya sebelum dikawinkan, perlu dipisahkan antara induk-induk jantan dan induk-induk betina. Nah ketika siap mau dikawinkan. Lepaskan/masukkan terlebih dahulu  satu induk betina di tempat pemijahan. Hal ini dilakukan supaya induk betina mengenal dengan baik dan beradaptasi dengan lingkungan tempat pemijahan. Baru pada sore harinya lepaskan 3 atau 4 induk jantan pada kolam pemijahan. Kita tunggu, insyaAllah waktu subuh indukan sudah melakukan ritual perkawinan.

Induk betina akan berenang di depan perputar-putar  keseluruh area kolam pemijahan sambil mengeluarkan telur-telurnya. Diikuti dengan induk jantan berenang mengejar induk betina sembari melepaskan cairan sperma yang akan membuahi telur-telur yang dikelurakan induk betina.

Kurang lebih 0.5 – 1 jam perkawinan selesai. Kita lihat pada media tanaman ganggang atau dinding bak terdapat ribuan bintik-bintik telur berwarna putih bening. Saat itu semua induk harus diangkat untuk mencegah induk memakan telurnya sendiri. Kurang lebih setelah 3 hari menunggu barulah telur-telur maskoki akan menetas menjadi ratusan burayak, biasanya sekitar 500-200an yang berhasil menjadi besar. Menarik bukan? Tentunya apabila sungguh-sungguh bisa menjadi sumber pendapatan baru yang cukup menjanjikan.

Pesan: 085229651494

cari buku tentang maskoki bisa klik disini atau kirim email ke jhon.smg@gmail.com

Maskoki Ranchu ,Oranda , Lionhead

diskus , Merpati Hias , Anggrek , Keunikan Ikan Diskus

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s