Senang Mencoba Hal Baru

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS Ar-Ra’d:11

Wirausaha adalah orang yang senang berpetualang untuk mendapatkan pengalaman baru. Mereka selalu ingin bebas dan menikmati tantangan-tantangan baru, meski tetap berada di koridor bidang yang disenanginya. Impian mereka selalu bertkembang mengikuti perkembangan jaman.

Andrias Harefa.

Semangat untuk mencari dan mencoba hal-hal baru juga ditunjukkan oleh Jeff Bezos, pendiri Amazon.com “took buku” virtual paling laris di dunia. Dalam 2 tahun terakhir, bisnis yang dimulainya tahun 1995 itu telah berkembang dari 2 juta pelanggan menjadi 11 juta pelanggan dari sekitar 150 negara, termasuk Indonesia. Meski andalan utamanya buku, Bezos juga menjual music, CD, VCD dan barang elektronik lainnya.

Bezos lulus sebagai sarjana ilmu computer dari salah satu sekolah terbaik di Amerika, Princenton University. Dan tidak tanggung-tanggung, ia di nyatakan lulus dengan predikat summa cum laude, tahun 1986. Anak seorang executive di Exxon yang menggungsi di kuba tahun 1960-an ini, telah menunjukkan bakatnya ketika berhasil membetulkan kincir angin pada usia 16 tahun. Minatnya terhadap bidang ilmu Fisika sangat dipengaruhi oleh kakeknya yang pernah bekerja sebagai manajer Komisi Energi  Atom. Pada usia 14 tahun ia bercita-cita menjadi ahli Fisika atau Austronot.

Konon hubungan Bezos dengan kedua adik dan orangtuanya sangat dekat. Garasi keluarga mereka dipenuhi oleh hasil-hasil percobaan ilmu pengetahuan. Sejak sekolah dasar ia memang telah rajin bermain alat-alat elektronik. Dan ketika masih duduk dibangku SMU ia membentuk DREAM Institut, sebuah program musim panas untuk mendorong pemikiran kreatif anak-anak sekolah waktu itu. Kedua adiknya dilibatkan dalam program tersebut.

Lulus dari Princenton, Bezos muda bergabung dengan FITEL, sebuah perusahaan teknologi tinggi di New York. Dua tahun berselang ia memimpin pengembangan system Komputer dan kemudian diangkat menjadi Direktur termuda di Bankers Trust Company, February 1990. Tahun itu juga ia memutuskan untuk pindah ke DE Shaw & Co. sebuah perusahaan yang berkecimpung di bisnis keuangan Wall Street. Ia kembali berprestasi dengan menjadi wakil direktur senior termuda di perusahaan itu, tahun 1992. Namun tahun 1994 ia tergoda oleh hal baru lainnya dan memutuskan keluar, meninggalkan sekitar 25% karyawan yang dibawah kendalinya waktu itu.

Hal baru yang menggoda Bezos adalah impian untuk memulai bisnis yang berbasis Web. Dimusim semi tahun 1994, Bezos menyadari data statistic menunjukkan pertumbuhan internet mencapai angka 2.300 persen per tahun. Ia langsung mencium peluang bisnis di alam maya itu. Dalam perjalanan menggunakan Blazer 1988 dari Ft Worth menuju Seattle bersama istrinya, Mackenzie, Bezos menyiapkan rancangan bisnisnya di sebuah laptop.

Entah bagaimana cerita detailnya sehingga Bezos memilih untuk memasarkan  buku-buk lewat internet. Boleh jadi ia terpengaruh Mackenzie yang berprofesi sebagai penulis novel. Yang jelas Bezos perlu waktu satu tahun untuk memantapkan hatinya membuka Amazon.com. Lama ia menimbang-nimbang apakah pelanggan bersedia membeli dengan cara pemasaran langsung  itu. Namun semua itu tinggal sejarah masa lalu. Pria yang mengaku punya moto “Kerja Keras, bersenang-senang, membuat sejarah” itu telah berlabuh di dunia tanpa batas. Dengan kekayaan pribadi di atas 5 Milyar dolar AS, di usia 35 tahun, Bezos memang telah membuat sejarah dengan kerja kerasnya. Pantaslah jika hari-hari ini ia selalu bersenang-senang.

Dikutip dari Buku Berwirausaha dari Nol karya Andrias Harefa.

artikel lain :

Menyambut Ramadhan

Doa / Ruqyah untuk orang sakit

Bangkit dari Kegagalan

Berawal dari ide dan impian

Masalah adalah Peluang

Mencoba Hal Baru

Hobi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s