Rendah Hati

Abu Burdah r.a. bercerita:

Aku bertanya kepada Aisyah r.a. tentang apa yang biasa dilakukan oleh Rasulullah s.a.w. ketika berada dirumah?

Aisyah r.a. menjawab, “Beliau selalu membantu pekerjaan istrinya.”

Qudamah ibn Abdullah ibn Amir bercerita, Aku melihat Rasulullah s.a.w. melontar jumrah dari atas onta yang berwarna kelabu. Beliau tidak memukul, mengusir atau mengatakan , “minggir! Minggir!.”

Anas ibn Malik r.a. menuturkan, “Rasulullah s.a.w. selalu mejenguk orang sakit, mengantarkan jenazah, memenuhi  undangan seorang budak, menunggang keledai. Ketika perang Khaibar, Perang Bani Quraizhah, dan perang Bani Nadhir beliau hanya menungggang keledai yang dipasangi tali kekang yang terbuat dari serabut pohon dan punggung keleadai itu dilapisi dengan alas serabut.

Anas ibn Malik r.a. menuturkan, tidak ada seorangpun yang lebih dicintai oleh para sahabat daripada Rasulullah s.a.w. Apabila mereka (para sahabat) melihat beliau datang, maka mereka tidak berdiri (untuk menghormati beliau) karena mereka mengetahui bahwa beliau  tidak menyukai hal itu.

Tsabit meriwayatkan bahwa Anas ibn Malik pernah melewati beberapa anak kecil dan mengucapkan salam pada mereka, lalu dia (anas ibn Malik) meriwayatkan kepda kami bahwa Rasulullah s.a.w. pernah melewati beberapa anak kecil dan mengucapkan salam pada mereka, padahal beliau sedang terburu-buru.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s