Pengobatan Islam

Alhamdulillah segala puji bagi Allah Subhanahuwata’ala yang telah mengutus Rasul-NYA, sehingga Islam bisa dinikmati oleh kita semua.

Ternyata tidak hanya Shalat, Shaum, Haji ataupun ibadah mahdhah saja yang dibawa Rasulullah s.a.w. Melainkan seluruh lini kehidupan juga beliau ajarkan, tak terkecuali masalah kesehatan.

Begitu banyak terdapat dalam Al Qur’an dan Hadist Nabi yang menjelaskan tentang pengobatan Islam. Sayang sekali mungkin kita belum tahu atau bahkan tidak percaya.

Padahal kalau kita tahu dan percaya tentang pengobatan Islam, subhanallah…. rahmat dan kasih sayang Allah begitu terasa.

firman Allah :

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an suatu yang menjadi penyembuh dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur`an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang dzalim selain kerugian.” (Al-Isra`: 82).

“Penyembuh.” Penyembuh yang dimaksud di sini meliputi penyembuh atas segala penyakit, baik rohani maupun jasmani. Tafsirnya bisa dilihat disini.

Hadist Nabi :

Dari Jabir bin ‘Abdullah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (HR. Muslim)

Oleh karena itu jika kita sakit maka jangan putus asa karena setiap penyakit pasti ada obatnya dan jangan lupa berdoa dan dekati Al Qur’an karena Al Qur’an adalah penyembuh.

Kemudian banyak disinggung dalam Al Qur’an dan Hadist Rasulullah tentang beberapa makanan yang bisa menjadi obat yang menyembuhkan penyakit, antara lain Madu, Kurma, Habbatussauda, Minyak Zaitun, Susu Kambing dsb.

Firman Allah :

“Keluarlah dari perutnya (lebah) minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia.” (An-Nahl: 69)

Hadist Nabi :

“Makanlah kalian buah zaitun, minyak zaitun, dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkahi.” (HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Hadist riwayat Imam Bukhari riwayat dari Aisyah ra. Bahwa ia pernah mendengar Nabi SAW yang dalam sabdanya berbunyi ” Sesungguhnya dalam habbatussauda itu terdapat penyembuh segala penyakit kecuali as-sam atau kematian”.

Manfaat Bekam :

sabda Rasulullah saw:

“Tidaklah aku melewati sekumpulan malaikat pada malam aku di-Isra’kan, melainkan mereka (para malaikat) semua mengatakan kepadaku: “Hai Muhammad, Engkau harus berbekam.” (HR.Tirmidzi)

Dari Salma, seorang pelayan rasulullah saw bercerita: “Tidak seorangpun mengadukan rasa sakit di kepalanya kepada Rasulullah saw melainkan beliau saw mengatakan: “Berbekamlah!!

Rasulullah saw bersabda: “Jibril memberitahukan kepadaku bahwa hijamah/bekam adalah pengobatan yang paling bermanfaat buat manusia.”

Ada beberapa tips yang insya Allah bisa dicoba pembaca untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit.

– Minum Madu+air hangat pagi dan sore sebelum makan,

– Makan kurma di pagi hari,

– Minum minyak zaitun setiap hari serta rajin mengonsumsi Habbatussauda.

Jangan lupa cukup minum air putih serta banyak makanan berserat seperti buah dan sayuran untuk memudahkan BAB. Sulit BAB bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya.

Seandainya sering sakit kepala berbekamlah, insyaAllah bekam bisa mencegah stroke,serangan jantung & banyak penyakit lainnya.

Alhamdulillah kita bisa menikmati ajaran kesehatan dalam islam.

Demikian para pembaca budiman, mudah mudahan bermanfaat.

dapatkan makanan herbal disini

hipertensi , gangguan jantung , kencing manis , kanker lambung, pembesaran kelenjar tiroid , sering ngompol

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s