Melihat Masalah Sebagai Peluang

QS. Al insyirah 5 : Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan.

“Yang penting adalah tekad memperbesar (usaha) dan mengambil risiko. Sekali anda mengambil resiko, anda akan belajar dan mengetahui cara memecahkan masalah. Menemukan solusi dapat mendorong anda ke batas potensi anda.” – Harold Geneen.

Cerita wirausaha bernama Iwan Gayo. Penulis buku terlaris mencatat penjualan karya-karyanya melebihi 1 juta exemplar.

Beliau mendapat ide dari Buku Percakapan Bahasa Inggris Sistem 50 Jam karya Sutan Sulaeman yang meskipun dijual di atas bis dan kaki lima laku terjual dan cetak ulang 17 kali. Maka mantan wartawan lepas ini mulai menggagas ide Buku Pintar Seri Yunior(BPSY).

Tidak mudah mendapat keberhasilan sebagai penulis BPSY. Untuk mengumpulkan data harus menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk membaca dan mencari data di perpustakaan LIPI. Kesulitan mendapat data diatas diatasi dengan menjalin & membayar korespondensi kepada banyak orang di banyak daerah (sekitar 2 ribu koresponden).

Kesulitan lain adalah mendapatkan penerbit yang bersedia mencetak. Hampir semua penerbit yang sudah punya nama tidak tertarik. Ketika ada percetakan yang berminat, ia diwajibkan menyediakan uang di muka.

Yakin akan prospeknya, ia rela menjal mobilnya untuk membayar ongkos cetak. Sisanya dibelikan mobil butut yang digunakan untuk keluar masuk toko buku untuk menawarkan karyanya. Ia juga melakukan terobosan dengan mencari pemesan buku yang belum terbit itu dengan mengirim brosur tentang BPSY ke seluruh tanah air dengan sistem inden.

Edisi perdana BPSY terbit tahun 1982. Dari 10.000 exemplar yang dicetak, 2.000 exemplar terkirim dengan status terbayar sebelumnya. Selebihnya Iwan berkeliling memasarkan bukunya berkeliling ke toko-toko buku. Dalam waktu 2 bulan BPSY ludes terjual. lalu disusul dengan cetakan ke-2, ke-3 dst. Bahkan di tahun 1986, Departement P dan K memesan 32.000 exemplar BPSY senilai Rp. 199 juta.

Setiap tahun BPSY dicetak 60 ribu exemplar. Suatu jumlah yamg sulit ditandingi. Sampai tahun 2002 BPSY telah dicetak lebih dari 25 kali. Dan Iwan juga telah menerbitkan “Kakak” BPSY dengan nama Buku Pintar Seri Senior (BPSS), tahun 1986. Buku ini sempat terjual 250 exemplar perhari. Sehingga total buku yang dijual Iwan mencapai lebih dari 1 juta exemplar.

Demikian ternyata dibalik suatu kesulitan / masalah ternyata ada jalan menuju kesuksesan.

Dikutip dari Buku Berwira Usaha Dari Nol – Andreas Harefa

cari bukunya : email ke jhon.smg@gmail.com
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s