Kenapa Membuat Blog?

Banyak alasan yang membuat seseorang membuat blog. Masing masing mempunyai alasan yang berbeda. Ada yang membuat blog untuk mendukung usaha dagangnya supaya bisa beriklan di internet. Ada yang membuat blog untuk menyalurkan hobi menulisnya. Ada yang membuat blog untuk berbuat kebaikan seperti sharing ilmu, bahkan ada yang membuat blog untuk niat kejahatan.

Tentunya penulis tidak menghendaki pembuatan blog untuk kejahatan. karena media blog diinternet bisa dilihat dibanyak orang dan bisa mempengaruhi banyak orang secara cepat. Sehingga merugikan orang banyak.

Pembaca budiman, mungkin banyak yang sudah tahu, tapi tidak mengapa saya ulas lagi bahwa ternyata disamping untuk keperluan diatas ternyata
membuat Blog bisa mendatangkan passive income.

Bagaimana bisa demikian??

Misalnya ada contoh begini

Ada orang katakanlan si A. si A mau jual mobil. Kemudian temannya si A yakni si B membantu memasarkan mobil si A. Alhamdulillah ternyata si B mendapatkan pembeli mobil si A. Nah si B akhirnya mendapat komisi penjualan dari si A.

Di bisnis online namanya Affiliate Marketing.

Banyak pemilik produk di internet yang menawarkan program affiliasi (Affiliate Merchan) seperti : imanshope, eraintermedia, plasabusana, mustikaherbal, afatihbookstore dsb.

Kita bisa mendaftar bergabung dan ikut memasarkan produknya (Affiliate Marketers). Apabila ada netter yang membeli produk melalui blog kita dengan cara mengklik link yang dipasangkan (Affiliate Link) di blog kita. Maka kita akan mendapat komisi berapa % dari harga jual sesuai dengan perjanjian.

Untuk berhasil menjadi Affiliate Marketer, blog kita harus banyak dikunjungi netters. Caranya dengan membuat artikel artikel yang bermanfaat di dalam Blog untuk menarik minat netters berkunjung.

Macam macam Affiliate Marketing :

Secara umum Affiliate Marketing terbagi menjadi 3 bagian berdasarkan dari bagaimana pihak Affiliate Marketers mendapatkan komisinya.
Pay Per Sales.

Artinya Affiliate Marketer akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang terjadi. Ini adalah sistem Affilliate Marketing yang paling umum yang akan Anda jumpai di internet. Komisi yang akan diterima oleh Affilliate Marketer rata-rata sebesar 5%-50% bahkan ada Affiliate Network yang memberikan komisi hingga 75% untuk setiap penjualan yang terjadi.

Ya, artinya komisi yang diterima Affiliater Marketer lebih besar daripada keuntungan Producer yang membuat produk tersebut.
Pay Per Click

Dengan menggunakan sistem ini, Affiliate Marketers akan mendapatkan komisi dari setiap pengunjung yang meng-klik link yang diberikan oleh Affiliate Network. Link ini akan mengarah langsung ke produk dari Producer. Cara ini akan membantu mendatangkan banyak pengunjung menuju produk tersebut.
Pay Per Leads / Pay Per Action.

Mirip dengan Pay Per Sales, namun disini Affiliate Marketer akan mendapatkan komisi meski pengunjung tidak membeli produk yang ditawarkan oleh Producer. Biasanya pengunjung hanya akan diminta untuk melakukan serangkaian tindakan seperti: mendaftarkan alamat email, mendaftar kedalam sebuah website, dan lain-lain.

Nantinya sang Producer akan mengolah data-data yang ia dapat untuk kemudian menjual langsung produk atau layanannya kepada leads (prospek) yang sudah dikumpulkan oleh Affiliate Marketer tersebut.

Biasanya model ini digunakan untuk barang yang tidak bisa dijual dalam transaksi online seperti: rumah, jasa konsultan, sewa mobil, dll.

Demikian pembaca budiman mudah mudahan bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s