Diskus

Diskus adalah ikan air tawar berbentuk pipih seperti piring. Asal muasalnya ikan Diskus berasal dari perairan Amerika Selatan.

diskus4

Pada awalnya penangkapan diskus dilakukan pemilik modal di negara itu yang ingin melipatgandakan uangnya. Mereka jeli melihat potensi alam yang begitu indah.

Penagkapan Diskus dilakukan dengan bantuan penduduk asli, yakni nelayan Indian. Selain terkenal berani, nelayan Indian mengenal seluk beluk tempat hidup Diskus. Perahu sudah di desain khusus agar dapat menampung Diskus liar yang tertangkap.

Biasanya penangkapan dilakukan kalau hari berubah malam. Begitu matahari condong di ufuk barat dan menyemburatkan warna merah saga, saat itulah nelayan Indian turun ke arena peangkapan dengan berbekal jala, lampu senter dsb.
Mengapa Diskus Diminati

Barangkali sangat menarik menyimak alasan mengapa Diskus sangat layak diburu penggemar ikan hias.
1. Warna & bentuk badan yang indah.

Jika ikan hias biasanya bentuknya memanjang, Diskus berbentuk bulat pipih seperti cakram, dengan warna warni yang menarik. Warnanya ada yang solid seperti merah, biru orange dengan gradasi warnanya. ada juga yang bercorak sesuai strain dan keturunannya.

diskus_tunggal_ok diskusmain

2. Sifat induk yang unik saat kawin dan bertelur.

Saat kawin , sepasang Diskus akan mencari tempat yang aman serta mencari media yang dapat digunakan untuk alas menempelkan telur telurnya. Media yang digunakan biasanya paralon atau keramik yang bisa dipasang berdiri. Mereka akan mengelilingi akuarium, menukik kedasar kemudian kembali ke permukaan air. setelah menemukan tempat yang cocok mereka mulai membersihkan media bergantian dengan cara mencium alas media berulang ulang sambil berenang maju mundur.

Setelah bersih barulah dimulai perkawinan induk Diskus dimulai.

Induk betina akan menyemprotkan telur telur ketempat media tsb. kemudian bergantian dengan induk jantan menyemprotkan sperma.
3. Kebiasaan unik Induknya membesarkan anak anaknya.

Anakan diskus akan berenang mengelilingi dan mengikuti kemana induknya pergi sambil menyusui. Induk Diskus akan mengeluarkan lendir (mucus) dari sela sela kulitnya sebagai makanan bagi anak anaknya.

diskus menyusui2 diskusmenyusui

Inilah sekilas dari sifat sifat ikan hias Diskus yang sangat menarik untuk dimiliki oleh para penggemar ikan hias. Sementara itu dulu lain kali penulis akan sambung kembali.

keunikan Ikan Maskoki

beli buku tentang diskus bisa cari disini  atau email ke jhon.smg@gmail.com
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s